• Revisi Kurikulum 2013 Tahun 2016

    Revisi Kurikulum 2013 Tahun 2016

    RPP Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2016 untuk semester 2 atau semester genap, pada kelas 4 SD/MI ini merupakan Rencana pelaksanaan Pembelajaran kelas 4 Semester dua revisi kurikulum 2013 acuan permen terbaru, Permendikbud no 22 tahun 2016, kami bagikan ini hanya sebuah referensi untuk rekan-rekan guru dalam proses kegiatan belajar mengajar revisi kurikulum 2013 terbaru yang saat sudah sudah banyak sekolah yang menerapkan untuk implementasi K13. Kami sediakan RPP dan silabus Kelas 4 Kurikulum 2013 revisi, semester ganjil dan genap, sebaia berikut. Baca juga Secara Lengkap Unduh pada link di bawah ini.

    Kurikulum 2013 Revisi - Buku Matematika Kurikulum 2013 SD MI Revisi Tahun 2016 dibuat oleh Bu Yulia pada 05/01/17. Buku MatematikaKurikulum 2013 SD MI Revisi Tahun 2016 ini merupakan buku pegangan Guru dan Siswa untuk digunakan sebagai bahan penyampaian dan penerimaan materi Mata Pelajaran matematika di sekolah. Ppsspp download windows 10. Kurikulum 2013 Revisi - RPP Kelas 4 Hasil Revisi Kurikulum 2013 Tahun 2016 Semua Tema - RPP K13 Kelas 4 diupload pada hari Senin, 16 Januari 2017 Diposting oleh Kurikulum 2013 Revisi 2016. Analisis Hasil Belajar Kurikulum 2013 Revisi Terbaru Tahun 2016 - Di dalam Kurikulum 2013, sebuah penilaian hasil belajar siswa atau peserta didik dilakukan untuk menilai beberapa pencapaian kompetensi mulai dari kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan yang dilakukan dengan menggunakan penilaian acuan kriteria.

    Revisi Kurikulum 2013 Tahun 2016Tahun

    Buku atau Juknis Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk Sekolah Menengah Pertama Cetakan Pertama, 2016, baik KKM, contoh Penilaian, Raport K13 Model baru Permendikbud 23 tahun 2016, dan salah satu dasar panduan penilaian SMP pada kurikulum 2013 ini adalah Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum berbasis kompetensi.

    Hal penting yang harus diperhatikan ketika melaksanakan penilaian dalam Kurikulum 2013 adalah KKM, remedial, dan pengayaan. Pelaksanaan penilaian adalah eksekusi atas perencanaan dan penyusunan instrumen penilaian. Waktu dan frekuensi pelaksanaan penilaian dilakukan berdasarkan pemetaan dan perencanaan yang dilakukan oleh pendidik sebagaimana yang tercantum dalam program semester dan program tahunan. Berdasarkan bentuknya, pelaksanaan penilaian terdiri dari pelaksanaan penilaian harian (PH) dan penilaian tengah semester (PTS). RPP Semester 2 atau genap Kurikulum 2013 revisi tahun 2016 ini kami bagikan untuk jenjang sekolah dasar Pada tema lanjutan Kelas 1 SD kurikulum 2013 pada semester genap, adalah sebagai berikut, tema 5, 6, 7 dan 8, RPP K13 revisi untuk SD ini pada semester dua jenjang SD/MI kelas 1 dan 4 dari lanjutan yang lalu, silahkan lihat disini. Pada RPP yang memiliki kerangka permendikbud no 22 tahun 2016 yang paling baru untuk kurikulum 2013 dengan kesiapan silabus dan buku kurikulum 2013 semester 2 yang telah di revisi, dengan acuan tersebut lah RPP SD Kurikulum 2013 semester dua ini dibuat. Terangkum dalam semua tema dan sub tema serta pembelajaran, 5,6, 7 dan 8.

    Aplikasi penilaian kurikulum 2013 plus raport revisi tahun 2016 untuk jenjang SMP, dengan mata pelajaran IPA, IPS, PKN, SENI BUDAYA, PRAKARYA,PENJAS, PAI, BAHASA INGGRIS, BAHASA INDONESIA Plus Eskul, sudah sesuai dengan acuan permen 53 tahun 2015 untuk panduan penilaian dan Kompetensi dasar Permendikbud nomor 24 tahun 2016 yang tak lama dirilis. Pada aplikasi Penilaian K13 SMP/MTs ini memuat unsur yang hampir serupa namun jelas pada tatanan raport seperti contoh raport paling baru yang sudah diketahui rekan-rekan guru Sekolah menengah pertama.

    Aplikasi Nilai Raport SMP Kurikulum 2013. Aplikasi Nilai PAI-BP SMP Kurikulum 2013. Aplikasi Nilai PPKn SMP Kurikulum 2013. Aplikasi Nilai B. Indonesia SMP Kurikulum 2013.

    Aplikasi Nilai Matematika SMP Kurikulum 2013. Aplikasi Nilai IPA SMP Kurikulum 2013. Aplikasi Nilai IPS SMP Kurikulum 2013. Aplikasi Nilai B.

    Inggris SMP Kurikulum 2013. Aplikasi Nilai Seni Budaya SMP Kurikulum 2013. Aplikasi Nilai Penjaskes SMP Kurikulum 2013. Aplikasi Nilai Prakarya SMP Kurikulum 2013. Aplikasi Nilai Pendidikan al-Qur'an SMP Kurikulum 2013. Aplikasi Nilai Ekskul 1 SMP Kurikulum 2013. Aplikasi Nilai Ekskul 2 SMP Kurikulum 2013.

    Aplikasi Nilai Ekskul 3 SMP Kurikulum 2013. Aplikasi Nilai Ekskul 4 SMP Kurikulum 2013. Aplikasi Nilai Ekskul 5 SMP Kurikulum 2013. KKM, Prota dan promes K13 Revisi 2016 Sekolah Dasar Kriteria ketuntasan minimal, Program tahunan, program semester untuk kelas IV k13 dalam perangkata pembelajaran kurikulum 2013 sekolah dasar ini kami bagikan sesuai dengan ketentuan revisi kurikulum 2013 tahun 2016 yang terbaru, baik prota mau pun prosem kurtila yang baru ini sudah memuat unsur KD terbaru sesuai pemetaan Permendikbud no 24 tahun 2016.

    Rekan rekan guru sekolah pelaksana kurikulum 2013 berikut tampilan KKM kurikulum 2013 yang akan kami bagikan. Link unduh KKM, Prota dan promes kami sisipkan dibawah tampilan ini. Berikut ini kumpulan soal Sekolah Dasar untuk kurikulum 2013 tematik integratif Revisi tahun 2016, soal-soal latihan UAS atau PAS Penilaian akhir semester ini hanya sebagai latihan untuk persiapan anak didik dalam Ujian Akhir semester, semoga saja soal-soal kurikulum 2013 revisi tahun 2016 ini bisa bermanfaat bagi rekan guru yang saat ini sedang, tengah dalam implementasi kurikulum 2013.

    Pada perangkat pembelajaran Pendidikan jasmani untuk kurikulum 2013 kami bagikan RPP yang telah direvisi semoga bisa bermanfaat bagi rekan guru semua. Rencana pelaksanaan pembelajaran, atau RPP Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan kurikulum 2013 revisi tahun 2016. RPP PJOK Kurikulum 2013 revisi tahun 2016 untuk guru Olaharaga sekolah dasar ini memiliki perangkat pembelajaran yang cukup komplit kami bagikan, layaknya perangkat kurikulum 2013 untuk guru kelas pada guru PJOK/Penjas ini juga memiliki perbedaan yang cukup penting dalam implementasi kurikulum 2013 di sekolah dasar/SD khususnya.

    Perangkat rencana pelaksanaan pembelajaran Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan ini sengaja kami bagikan agar kiranya dapat membantu rekan guru penjas dalam implementasi kurikulum 2013 yang telah direvisi. Program tahunan dan program semester atau prosem dan prota K13 SD Kelas 1 revisi tahun 2016 kami sajikan disini guna melengkapi perangkat kurikulum 2013 yang telah direvisi dengan berbagai penyempurnaan data yang kami bagikan untuk melengkapi administrasi rekan guru pada sekolah pelaksana kurikulum 2013. Program tahunan dan program semester memang bukan barang baru dalam dunia pendidikan terutama bagi rekan guru yang aktif mengajar pada kegiatan tatap mukan dan sebagai nya tertata dengan rapi segala administrasi dalam pembelajaran khususnya Kurtilas atau Kurikulum 2013 yang telah direvisi saat ini. Baca juga Berikut tampilan file. Berikut format-format penilaian bisa dijadikan contoh dalam isian penilaian kurikulum 2013 Sekolah Format penilaian atau contoh penilaian Kurikulum 2013 SD Kelas 4 Revisi 2016 sebagai berikut kami bagikan.

    Karena ini hanya merupakan contoh format tentu nya sangat berbeda jika yang diinginkan adalah aplikasi penilaian dan raport kurikulum 2013. Yang bapak ibu bisa unduh disini untuk Dengan lingkup mata pelajaran SD kurikulum 2013, Bahasa Indonesia, PKN, PAI, PJOK, SBdP Format Penilaian Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kelas 4 SD Spritual dan Sosial KI. Jadwal ujian akhir sekolah juga selaras dengan tema-tema soal pada kurtilas, Soal-soal kurikulum 2013 untuk Sekolah dasar ini hanya bagian contoh dalam Ujian Akhir Semester (UAS) agar sekiranya bapak ibu mudah membuat dalam penulisan soal yang tak akan lama lagi akan dilaksanakan UAS semester ganjil. Contoh Soal UAS K13 Kelas 1 SD ini memuat data tema yang tersusun sebagaimana jadwal ulangan Akhir semester sehingga menjadi kesatuan yang liner, relevan, sepertti layaknya KTSP yang lalu memuat jadwal mapel, begitu pun soal UAS nya.

    Nah berikut kami bagikan contoh Soal UAS Kurikulum 2013 untuk kelas 1 Sekolah Dasar Semester 1. Pramuka atau praja muda karana pada kurikulum 2013 wajib bagi sekolah, untuk kegiatan pramuka sendiri memang memiliki manfaat yang begitu komplek dari segi kemandirian, cinta alam dan sebagainya, seperti tertuang dalam dasa dharma yang menjadi kode kehormatan seorang pramuka. Oleh karena itu pula penilaian kurikulum 2013 pada pendidikan kepramukaan juga harus dilakukan oleh pendidik, terlebih penilaian kurikulum 2013 yang telah di revisi tahun 2016 ini, dalam penilaiannya kami yakin bapak ibu mengerti karena di bawah ini kami sematkan link unduhan format penilaian kurikulum 2013 untuk kegiatan pramuka peserta didik nya. Contoh Format Penilaian Kegiatan Pramuka Kurikulum 2013silahkan unduh pada link dibawah ini. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).

    Baca juga Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. RPP disusun berdasarkan KD atau subtema yang dilaksanakan kali pertemuan atau lebih. Komponen RPP terdiri atas: a. Identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan; b.

    Identitas mata pelajaran atau tema/subtema; c. Kelas/semester; d. Materi pokok; e. Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai; f.

    Tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan; g. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi; h. Materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi; 7 i.

    Metode pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai; j. Media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran; k. Sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan; l. Langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan m. Penilaian hasil pembelajaran.

    Analisis dan koreksi nilai ulangan siswa dalam satu master aplikasi berbasis excel ini sangat cocok bagi rekan guru baik kurikulum 2013 maupun KTSP, Analisis soal pilihan ganda dan analisis soal isian tergabung dalam satu aplikasi, selain memudahkan koreksi penilaian aplikasi master soal evaluasi ini juga terlibat langsung dalam kalkulasi nilai ulangan pada KKM yang ditetapkan yang hasilnya bisa menjadikan perbaikan nilai untuk siswa atau pengayaan yang semua di lakukan guru demi perbaikan nilai siswa nya. Perbaikan dan pengayaan adalah suatu bentuk hasil yang menjadi alat ukur sejauh mana kemampuan siswa kita, jika belum memenuhi KKM maka kita lakukan perbaikan dengan analisis apakah soal yang kita terlalu berat atau tata kalimat bahasa soal kita yang menjelaskan kurang mudah di pahami oleh siswa kita. Aplikasi master koreksi dan analisis evaluasi ulangan ini akan membuat segala nya menjadi mudah dan nyaman dalam penggunaan. Pada waktu berkala para IN atau mentor akan melaporkan kemajuan hasil belajar dari peserta nya, hal ini memang menjadi tugas rutin mentor laporan kepada pengampu sebagai umpan balik aktifitas guru pembelajar baik moda daring maupun daring kombinasi, biasanya aktifitas yang dilakukan penilaian saat mulai belajar, penilaian diri serta tes sumatif kegiatan semua nya terangkum dalam kolom laporan yang nanti tentunya akan dikirimkan mentor kepada pengampu. Untuk penilaian peserta mentor membuat salah satu format penilaian yang seperti contoh kami bagikan berikut ini, dan pada intinya setiap guru pembelajar tentunya akan lebih menyiapkan diri lebih awal menyelesaikan sesi pembelajaran pada program Guru Pembelajar.

    Mari kita bongkar sedikit salah satu format penilaian nya. Petunjuk bagi Pengampu: Saudara diminta untuk memeriksa dan memberikan umpan balik terhadap laporan yang telah dikumpulkan oleh mentor. Cara untuk memberikan umpan balik: Pada laman utama portofolio laporan kemajuan peserta pilih 'Submitted portfolios, atau pilih 'Student Portfolios' pada side menu.Pengampu memiliki opsi dari pilihan menu: All students: untuk melihat semua daftar mentor yang sudah mengunggah berkas Updated since your last login: untuk melihat daftar nama mentor yang baru mengunggah setelah terakhir log masuk.

    Pengampu dapat memilih opsi ini untuk memeriksa tagihan yang baru diunggah dan perlu diberikan tanggapan Without teacher comments: melihat daftar mentor yang sudah mengunggah berkas tapi belum diberikan feedback oleh pengampu Pilih 'View' pada nama mentor yang akan dilihat berkasnya. Pilih lembar kerja yang telah diunggah oleh mentor dengan mencari di 'table of content' yang terdapat pada menu bar sebelah kiri. Pilih pada tautan berkas untuk mengunduh tagihan. Setelah pengampu memeriksa dan mencermati laporan dari mentor yang sudah diunduh, tuliskan tanggapan hasil koreksi/observasi tagihan dan pilih 'Save comment'.

    Penilaian Kurikulum 2013 kini memiliki babak baru dengan berbagai revisi dari lini mapel yang ada, berawal dari revisi penilaian sikap yang secara langsung ada pada mapel PKN dan Agama, budi pekerti dan secara tidak langsung pada mata pelajaran lain nya oleh guru pengampu. Aplikasi penilaian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas 1 dan kelas 4 yang mendasari revisi kurikulum 2013 versi 2016, berbasis excel sehingga sangat memudahkan rekan guru dalam melakukan penilaian, kami lengkapi dengan pemetaan KI dan KD terbaru agar sangat flexible disertai hasil raport terbaru versi permendikbud no 53 tahun 2015, aplikasi penilaian kurikulum 2013 ini diyakini akan jauh memudahkan para rekan guru dalam penilaian kurikulum 2013 lihat tampilan dibawah. LMS Guru Pembelajar adalah salah stu hal yang harus di kenali lebih awal oleh rekan Guru Pembelajar khususnya pada moda daring, sebelum lebih jauh kita mengenal fiture apa saja yang di insertkan pada LMS guru pembelajar online mari kita flash back tentang LMS itu sendiri, Learning Management System (biasa disingkat LMS) adalah aplikasi perangkat lunak untuk kegiatan dalam jaringan, program pembelajaran elektronik (e-learning program), dan isi pelatihan. Sebuah LMS yang kuat harus bisa melakukan hal berikut: menggunakan layanan self-service dan self-guided. Baca juga Begitu pun pada fiture-fiture yang di dirilis pada GPO, sebagaimana lainnya berbasis data online ini pun memiliki panduan penggunaan LMS karena sejatinya para user harus lebih awal mengetahui tentang cara memfungsikan konten fiture yang tersedia dan pemanfaatan serta penggunaan yang efektif. Berikut kami bagikan Panduan LMS Guru Pembelajar Versi Final. Administrasi kelas untuk pelaksana program guru pembelajar, khusus nya moda tatap muka maupun daring kombinasi pada pusat belajar (PB) maupun ada komunitas KKG/MGMP/KKKS/ serta komunitas lainnya menjadi bagian penting dalam proses terlaksana nya kegiatan guru pembelajar secara tertib administrasi guna pengarsiapan data kegiatan yang baik.

    Administrasi digunakan untuk mendukung tertib dan lancarnya pelaksanaan Guru Pembelajar Moda Daring Kombinasi yang diselenggarakan PPPPTK bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Administasi berbentuk format-format yang harus diisi peserta, penatar, dan panitia di Pusat Belajar. Si Gelar Admin Sistem Guru Pembelajaran Online (GPO) menggunakan mekanisme akun yang dikelola secara mandiri oleh para pemegang Akun.

    Setiap akun memiliki karakteristik dan hak akses layanan yang secara otomatis diatur berdasarkan tipe akun yang diberikan kepada pengguna. Terdapat dua buah tipe akun yang dikenal dalam sistem ini yaitu: a. Akun Institusi Tipe akun ini bersifat tetap mengikat pada institusi. Tidak bisa dihapus/dinonaktifkan. Akun institusi ini diberikan kepada pimpinan institusi yang bersangkutan dan dapat didelegasikan kepada person yang ditunjuk oleh pimpinan institusi.

    Akun Admin / Operator Tipe Akun ini merupakan Akun Individu Publik atau Akun Individu Institusi yang didaftarkan dan diberi hak akses sebagai anggota grup Admin / Operator pada institusi oleh pengelola Akun Institusi. Video Conference GP dengan Pengampu Sistem Pembelajaran yang telah dikembangkan oleh GTK menggunakan Video Call sebagai salah satu fitur pembelajaran antara Pengampu – Mentor – Peserta (Guru Pembelajar), Sistem Guru Pembelajar telah dikembangkan oleh GTK berada pada setiap kelas Daring. Program Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar Moda Dalam Jejaring dilaksanakan dengan pola 60 jam pelajaran (6 minggu) untuk 1 modul kelompok kompetensi atau 2 modul kelompok kompetensi ( 3 bulan).

    Komponen Video Call sudah dimasukan dalam proses pembelajaran Daring. Jenis Video Call yang digunakan adalah menggunakan produk TELKOM yang bernama UMeetMe. TELKOM menyediakan cadangan sistem Video Call menggunakan Big Blue Button (BBB) yang sudah terinstall di server Video Call. Silakan unduh beberapa versi dibawah ini.

    . Pancasila, sebagai dasar negara, ideologi nasional, dan pandangan hidup bangsa;. Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, sebagai hukum dasar tertulis yang menjadi landasan konstitusional kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara;. Negara Kesatuan Republik Indonesia, sebagai kesepakatan final bentuk negara Republik Indonesia;. Bhinneka Tunggal Ika, sebagai wujud filosofi kesatuan dalam keberagaman yang melandasi dan mewarnai harmoni kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

    Revisi Kurikulum 2013 Tahun 2016